Pusat Penelitian Teh Dan Kina Kembali Ditetapkan Sebagai Lembaga Pusat Unggulan Iptek

Penulis : Administrator


Tanggal Posting : 17 Dec 2018 09:13 Wib | Dibaca : 450 | Kategori : Berita


Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK) berhasil memperoleh perpanjangan status sebagai Pusat Unggulan Iptek (PUI) untuk tiga tahun ke depan (2019 – 2021). Apresiasi ini diberikan oleh Direktur Jendral Kelembagaan Iptek dan Dikti, Patdono Suwignjo, di Gedung Indonesia Covention Exhibition, Tangerang, Banten, Kamis (13/12/2018). 

PPTK sebelumnya telah mendapatkan status PUI pada tahun 2015 hingga 2018. Salah satu dasar penilaian Kemenristekdikti dalam mengukur keunggulan lembaga PUI yang memperoleh perpanjangan adalah lembaga yang dapat mencapai nilai 850. PPTK memperoleh nilai capaiaan indikator sebesar 8,9. PPTK dievaluasi pada berbagai faktor, seperti keunggulan sumber daya, kapasitas riset dan diseminasi hasil penelitian. PPTK sendiri telah memperoleh berbagai sertifikasi seperti KNAPPP dan KAN untuk mendukung proses tercapainya PUI.

Beberapa capaian kinerja yang dijadikan kriteria penilaian diantaranya jumlah produk unggulan yang dihasilkan seperti varian produk teh terbaru yaitu green tea powder, jumlah kerjasama penelitian dan publikasi dalam skala nasional maupun internasional. PPTK mendapat nilai penuh pada capaian kinerja outcome yang dinilai berdasarkan perolehan apresiasi berupa National Recognition, National References dan perolehan Economic and Social Impact bagi masyarakat. Hal ini menunjukkan bahwa hasil riset PPTK telah dimanfaatkan oleh masyarakat secara luas.

Perolehan perpanjangan apresiasi PUI merupakan suatu kebanggan bagi PPTK, namun hal ini menjadi tantangan dan motivasi tersendiri bagi PPTK untuk bekerja lebih keras dalam mempertahankan status PPTK sebagai lembaga PUI. PPTK dituntut untuk terus berinovasi dan menghasilkan produk-produk unggulan yang memberikan dampak secara ekonomi dan sosial terhadap masyarakat. Caretaker Direktur PPTK, Dr. Luqman Erningpraja, menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh tim atas kerja kerasnya dalam perolehan apresiasi ini. 

 


Post Terkait

  • Penyerahan Santunan kepada Purnakaryawan Pusat Penelitian Teh dan Kina

    Tanggal : 31 May 2019 08:41:00 Wib

    Pada hari ini (280519), Keluarga Islam (KI) bersama-sama dengan Persatuan Istri Karyawan dan Karyawati (PERISKKA) melaksanakan kegiatan rutin tahunanpemberian santuan kepada purnakaryawan Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK).


  • PPTK Berpartisipasi dalam Kegiatan The 2nd Global Forum for Directors of Tea Research Institutes

    Tanggal : 20 May 2019 08:39:00 Wib

    Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK) berpartisipasi dalam The 2nd Global Forum for Directors of Tea Research Institutes di Hangzhou, China yang diwakili oleh Direktur PPTK, Dr. Dadan Rohdiana.


  • Kunjungan Kemenko Perekonomian ke Pusat Penelitian Teh dan Kina

    Tanggal : 17 May 2019 15:15:30 Wib

    Pada hari Kamis, 16 Mei 2019, Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK) menerima kunjungan dari Keasdepan Kerja Sama Ekonomi Asia, Kemenko Perekonomian, Bobby C. Siagian beserta rombongan. Kunjungan tersebut juga di dampingi oleh sekretaris Asosiasi teh Indonesia (ATI), Dr. Atik Dharmadi. Kunjungan ini diterima langsung oleh Ir. Nyanjang Rusmana selaku Kabid Usaha PPTK.


  • Duka Dunia Pertehan Indonesia

    Tanggal : 15 May 2019 13:46:00 Wib

    Salah satu peneliti Pemuliaan Tanaman sekaligus Direktur Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK) periode 2003 - 2004, Dr. Ir. I.G.P. Wenten Astika pada hari Selasa sore (05/14/2019) tepatnya pukul 16.53 WIB di Rumah Sakit Al-Islam Bandung. Dr. Wenten wafat di usia 71 tahun akibat serangan jantung.


  • Pendampingan Kopkar Gunung Tilu PPTK oleh PUM (Netherland Senior Experts)

    Tanggal : 09 May 2019 09:40:15 Wib

    Koperasi Karyawan (Kopkar) Gunung Tilu Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK) mendapatkan kehormatan menjadi satu dari dua koperasi sasaran program pendampingan PUM (Netherlands Senior Experts) untuk wilayah Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat. Pendampingan dilaksanakan selama 11 hari sejak tanggal 23 April hingga 3 Mei 2019.


Tinggalkan Komentar :


Ketik ulang karakter dari gambar:
Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 

No Comments Results.