BIMTEK KOMODITAS TEH 2018

Penulis : Tim PHP


Tanggal Posting : 30 Apr 2018 10:54 Wib | Dibaca : 951 | Kategori : Berita


Bimbingan Teknis Komoditas Teh kembali digelar oleh Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK) pada tanggal 25-27 April 2018 di kantor PPTK Gambung. Bimbingan Teknis tahun ini mengusung tema “Manajemen Budidaya dan Analisa Usaha Perkebunan Teh”. Pelatihan diikuti oleh 10 orang peserta yang berasal dari Direktorat Jenderal Perkebunan Kementrian Pertanian.

Kegiatan Bimtek terdiri dari kegiatan materi kelas dan kunjungan lapang. Pada hari pertama, peserta disuguhkan 5 sesi materi yang terdiri dari materi prospek pasar teh, feasibility study komoditas teh, manajamen penyiapan bahan tanam teh, manajemen budidaya teh (TBM, pemetikan, dan pemangkasan), serta pengendalian hama terpadu tanaman teh.

Foto FGD dan Kunjungan Lapang

Pada hari kedua, peserta mendapatkan 1 sesi materi kelas pada pagi hari yaitu mengenai teknologi pemupukan teh yang efektif dan efisien. Setelah materi tersebut, peserta dibawa berkeliling Kebun Percobaan PPTK guna melakukan kunjungan dan studi lapang mengenai kegiatan-kegiatan budidaya teh di lapangan. Pada siang hari, peserta dibekali dengan pemaparan Program Peningkatan Produktivitas Teh melalui program New Planting, Replanting, Rehabilitasi dan Intensifikasi. Setelah pemaparan tersebut, peserta diajak untuk melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) mengenai analisa usaha dari setiap program yang telah dipaparkan.

Memasuki hari ketiga, peserta diberikan pengetahuan dasar mengenai proses pengolahan teh yang dilengkapi dengan kunjungan ke Pabrik Teh Hijau PPTK. Selama kegiatan berlangsung peserta terlihat antusias dan aktif berdiskusi dengan setiap narasumber.


Post Terkait

  • Pelatihan Capacity Building Penanganan Pasca Panen Teh untuk Petani Rakyat

    Tanggal : 12 Apr 2019 08:54:41 Wib

    Direktorat Jenderal Perkebunan (Ditjenbun) bekerjasama dengan Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK) kembali mengadakan pelatihan yang ditujukan untuk petani teh rakyat. Pelatihan kali ini mengambil tema Capacity Building Pasca Panen Teh yang dilaksanakan selama dua hari (18/03/2019 – 29/03/2019) di Pusat Penelitian Teh dan Kina. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas petani teh rakyat dalam menghasilkan produk teh.


  • Teknologi Fertigasi dan Bio-organo Mineral di Seminar Nasional PT. RPN 2019

    Tanggal : 09 Apr 2019 08:38:00 Wib

    PT. Riset Perkebunan Nusantara (PT.RPN) kembali menggelar Seminar Nasional tahun 2019 yang bertajuk “Pupuk dan Mekanisasi di Perkebunan”. Seminar Nasional dilaksanakan selama dua hari (04/04/2019 – 05/04/2019) di The Hotel Sultan and Residence, Jakarta. PT. RPN mengundang praktisi, akademisi, dan peneliti dari berbagai institusi.


  • Pelantikan Direktur lingkup PT. RPN

    Tanggal : 26 Mar 2019 10:41:00 Wib

    Pada Jumat, 22 Maret 2019, pukul 09.00 wib bertempat di Aula Soenarjo, Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia, telah dilaksanakan pelantikan direktur lingkup PT. Riset Perkebunan Nusantara (RPN).


  • Gamboeng White Pearl Tea, 100 Hari menuju Jerman

    Tanggal : 15 Mar 2019 11:38:42 Wib

    Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK) sebagai salah satu lembaga Pusat Unggulan IPTEK (PUI) menjadi salah satu delegasi Indonesia pada kegiatan Indonesia Innovation Day 2019 (IID 2019) yang akan diselenggarakan di Saarland, Jerman pada tanggal 26 Juni 2019.


  • Meningkatkan Peran Pengurus Serikat Pekerja sebagai Agent of Change Melalui Pelatihan Kompetensi

    Tanggal : 08 Mar 2019 11:40:00 Wib

    Holding PT. Perkebunan Nusantara III (persero) bekerjasama dengan Lembaga Pendidikan Perkebunan (LPP) menyelenggarakan “Pelatihan Peningkatan Kompetensi Pengurus Serikat Pekerja PTPN Group” di LPP Kampus Yogyakarta. Serikat Pekerja Perkebunan Pusat Penelitian Teh dan Kina (SP Bun PPTK) mengirimkan Ketua II, Heri Syahrian, SP., MP., untuk berpastisipasi sebagai peserta Batch XI.


Tinggalkan Komentar :


Ketik ulang karakter dari gambar:
Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 

No Comments Results.