Peneliti PPTK memberikan Materi BIMTEK pengolahan teh hijau yang diselengarakan oleh Dit.Ind Mintemgar, Kemenperin

Penulis : TIM PHE


Tanggal Posting : 30 Apr 2018 00:00 Wib | Dibaca : 153 | Kategori : Berita


Direktorat Industri Minuman, Hasil Tembakau dan Bahan Penyegar, Ditjen Industri Agro, Kementerian Perindustrian kembali melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengolahan Teh untuk Petani Teh rakyat Jawa Barat. Bimtek kali ini lebih menekankan bagaimana cara pengolahan teh yang baik pada kelompok petani teh rakyat sehingga dihasilkan teh hijau yang sesuai dengan persyaratan Standar Nasional Indonesia (SNI) 3945:2016 tentang teh hijau.

Pada kesempatan kali ini, Tiga (3) Peneliti Pascapanen dari Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK), yaitu Dadan Rohdiana, Shabri, dan Hilman Maulana turut memberikan materi pada kegiatan Bimtek yang dilaksanakan di Bandung dari tanggal 24-27 April 2018. Dadan Rohdiana yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang Penelitian PPTK, menekankan supaya teh hijau yang dihasilkan oleh petani teh rakyat bisa memenuhi persyaratan SNI teh hijau. Pemenuhan persyaratan SNI teh hijau akan membawa banyak keuntungan untuk petani ketika akan menjual produknya ke pasar. Hal tersebut disampaikan saat memberikan materi tentang “Penerapan SNI Teh Hijau di Perkebunan Rakyat”.

Peserta Bimtek selanjutnya dibekali bagaimana cara pengujian produk olahan teh hijau secara organoleptik. Materi pengujian citarasa teh tersebut disampaikan oleh Shabri dan Hilman Maulana secara bergantian. Materi tea tasting tersebut juga diisi beberapa game supaya para peserta bisa melakukan penilaian cita rasa tentang teh hijau dan berbagai jenis teh yang lain.


Post Terkait

Tinggalkan Komentar :


Ketik ulang karakter dari gambar:
Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 

No Comments Results.