Capacity Building Pascapanen Teh untuk Petani 2018

Penulis : Administrator


Tanggal Posting : 14 May 2018 12:00 Wib | Dibaca : 998 | Kategori : Berita


Salah satu upaya untuk dapat meningkatkan nilai jual teh ditingkat petani adalah diperlukannya kemampuan petani untuk dapat mengolah pucuk yang dihasilkan dari kebun mereka menjadi produk teh jadi yang memiliki nilai tambah lebih. Diharapkan dengan cara tersebut petani bisa mendapatkan pendapatan lebih baik dibandingkan dengan hanya menjual pucuk teh segarnya saja.

Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Perkebunan sangat concern terhadap peningkatan mutu dan nilai tambah teh petani, hal ini dibuktikan dengan penyelenggaraan Capacity Building Pascapanen Teh untuk petani. Pada kegiatan ini Ditjen Perkebunan bekerjasama dengan Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK) Gambung dan Asosiasi Petani Teh Indonesia (APTEHINDO). Kolaborasi 3 (tiga) lembaga strategis ini merupakan wujud keseriusan pemerintah dalam upaya mensinergikan program-program pembangunan khususnya perkebunan dengan stakesholder komoditi teh. Kolaborasi ini diinisiasi oleh Direktorat Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan (PPHBUN) yang mendapatkan sambutan positif dari APTEHINDO dan PPTK Gambung.

Capacity Building yang diselengarakan di PPTK Gambung, dilaksanakan selama 2 hari pada tanggal 8 – 9 Mei 2018 dengan peserta sebanyak 25 orang petani teh berasal dari Provinsi Jawa Tengah, Jawa Barat dan DIY. 


Post Terkait

  • Kunjungan Kemenko Perekonomian ke Pusat Penelitian Teh dan Kina

    Tanggal : 17 May 2019 15:15:30 Wib

    Pada hari Kamis, 16 Mei 2019, Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK) menerima kunjungan dari Keasdepan Kerja Sama Ekonomi Asia, Kemenko Perekonomian, Bobby C. Siagian beserta rombongan. Kunjungan tersebut juga di dampingi oleh sekretaris Asosiasi teh Indonesia (ATI), Dr. Atik Dharmadi. Kunjungan ini diterima langsung oleh Ir. Nyanjang Rusmana selaku Kabid Usaha PPTK.


  • Duka Dunia Pertehan Indonesia

    Tanggal : 15 May 2019 13:46:00 Wib

    Salah satu peneliti Pemuliaan Tanaman sekaligus Direktur Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK) periode 2003 - 2004, Dr. Ir. I.G.P. Wenten Astika pada hari Selasa sore (05/14/2019) tepatnya pukul 16.53 WIB di Rumah Sakit Al-Islam Bandung. Dr. Wenten wafat di usia 71 tahun akibat serangan jantung.


  • Pendampingan Kopkar Gunung Tilu PPTK oleh PUM (Netherland Senior Experts)

    Tanggal : 09 May 2019 09:40:15 Wib

    Koperasi Karyawan (Kopkar) Gunung Tilu Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK) mendapatkan kehormatan menjadi satu dari dua koperasi sasaran program pendampingan PUM (Netherlands Senior Experts) untuk wilayah Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat. Pendampingan dilaksanakan selama 11 hari sejak tanggal 23 April hingga 3 Mei 2019.


  • Benchmarking Koperasi Produsen dan Karyawan (Kopkar) Gunung Tilu PPTK ke Koperasi Al Ittifaq, Ciwidey

    Tanggal : 08 May 2019 10:28:50 Wib

    Pada Rabu, 1 Mei 2019 bertepatan dengan hari Buruh (May Day), Koperasi Produsen dan Karyawan Gunung Tilu Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK) bersama dengan Constant Mulder, konsultan PUM (Netherlands Senior Experts) untuk program SMEs (Small and Medium-sized Enterprises) di Indonesia berkesempatan melakukan benchmarking ke Koperasi Al-Ittifaq. Koperasi Al-Ittifaq berlokasi di Dusun Ciburial, Desa Alam Endah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung


  • Rapat Kerja Pusat Penelitian Teh dan Kina Tahun 2019

    Tanggal : 06 May 2019 11:08:08 Wib

    Pada tanggal 2 Mei 2019, Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK) menggelar acara Rapat Kerja (Raker) di kantor PPTK Gambung, Desa Mekarsari. Raker tahun 2019 dilaksanakan secara sederhana dan diisi dengan motivasi dari motivator ternama, Iyus Rusmana.


Tinggalkan Komentar :


Ketik ulang karakter dari gambar:
Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 

No Comments Results.