Peneliti PPTK Gambung Mengikuti Kursus Singkat di Eropa

Penulis : Administrator


Tanggal Posting : 10 Jul 2018 02:15 Wib | Dibaca : 329 | Kategori : Berita


Awal Bulan Juni, tepatnya 4/7/18, Peneliti Pusat Penelitian Teh dan Kina Gambung (PPTK Gambung) bidang proteksi tanaman, Fani Fauziah, bertolak ke Eropa (Wageningen University & Research, Belanda) untuk mengikuti kursus singkat Integrated Pest Management and Food Safety.

Kursus singkat yang digelar oleh Center for Development Innovation (CDI) Wageningen University & Research ini melibatkan 25 peserta dari 11 negara yaitu Albania, Cina, Hongkong, Cuba, Filipina, Kamboja, Nepal, Nigeria, Sri Lanka, Zimbabwe, dan Indonesia.

Tak hanya sebagai forum sharing informasi terkait Program Pengendalian Hama Terpadu (PHT), melalui media diskusi grup, para peserta membahas topik terkait peranan stakeholders hingga perencanaan program PHT. Masing-masing peserta dituntut untuk memberikan masukan sesuai dengan regulasi negara asal mereka. 

Tak cukup disitu, pada satu kesempatan peserta dibagi menjadi dua kelompok dan melakukan kunjungan lapangan selama 3 hari di lokasi berbeda. Peserta melakukan wawancara terhadap 8 stakeholders dari petani buah dan sayur, produsen benih, hingga perusahaan swasta yang bergerak di bidang pertanian. Kunjungan lapangan ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja pemerintahan Belanda di sektor pertanian. Diujung kegiatan, peserta diberikan waktu untuk melakukan presentasi didepan Staf Kementrian Ekonomi Belanda untuk menyampaikan kritik dan masukan bagi pemerintah mereka.

Kegiatan yang terlaksana atas kerjasama Wageningen University & Research dan Lembaga StuNed Indonesia ini berlangsung selama 3 minggu. Kursus singkat tersebut sudah berlangsung selama beberapa tahun kebelakang, dan semoga bisa terus berlanjut di masa mendatang.

 


Post Terkait

Tinggalkan Komentar :


Ketik ulang karakter dari gambar:
Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 

No Comments Results.