Workshop Komersialisasi Riset

Penulis : Administrator


Tanggal Posting : 25 Jan 2019 10:49 Wib | Dibaca : 181 | Kategori : Berita


Konsep komersialisasi Pusat Penelitian (Puslit) PT. Riset Perkebunan Nusantara (PT.RPN) sebagian besar masih melibatkan pihak ketiga. Perubahan status PT. RPN dan Puslit-puslitnya mempengaruhi proses komersialisasi produk riset yang dihasilkan oleh Puslit. Berkenaan dengan hal tersebut,  PT. RPN melakukan sosialisasi mengenai perubahan dan kemungkinan jenis model bisnis yang akan dilakukan oleh Puslit.

Workshop Komersialisasi Riset dilaksanakan pada hari Kamis, 24 Januari 2019 di Pusat Penelitian teh dan Kina dengan pemateri Dr. Riza Arief Putranto, DEA dan Arief Rakhman Hakim, S.TP., M.Si. Dalam pemaparannya, Dr. Riza menyampaikan bahwa diharapkan kedepannya proses pemasaran produk riset PT. RPN dilakukan oleh Holding. Mekanisme pemasaran yang dapat dilakukan adalah dengan memasarkan sendiri produk tersebut atau bermitra dengan pihak lain. Hal ini perlu dilakukan untuk mengatasi masalah rendahnya produk yang terserap oleh pasar.

Arief Rahman Hakim, S.Si., menjelaskan bahwa penyusunan Reancana Strategis (Renstra) atau RJPP Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK) harus dilakukan dengan strategi penyusunan kerangka Model Inovasi dan Portofolio Inovasi. Sementara itu, strategi pengembangan model bisnis berbagai produk riset PPTK dapat dilakukan dengan Bisnis Model Canvas dan Peta Empati. Namun, hal tersebut dapat terlaksana hanya dengan kerjasama dari semua lini pelaku pengambil kebijakan hingga ke lini teknis.

 

Selain itu, Dr. Riza juga memberikan saran untuk mengembangkan ide inovatif riset di PPTK dapat dilakukan dengan strategi kerangka model integrasi scaling agile yang meliputi squad, tribe, chapter, guild. Tidak hanya terus berinovasi, namun hasil riset juga harus dapat memenuhi kebutuhan dan menjawab keinginan konsumen. Sebagai tindak lanjut dari workshop tersebut, PPTK harus merancang strategi komersialisasi yang tepat untuk hasil produk risetnya.


Post Terkait

  • Pelatihan Capacity Building Penanganan Pasca Panen Teh untuk Petani Rakyat

    Tanggal : 12 Apr 2019 08:54:41 Wib

    Direktorat Jenderal Perkebunan (Ditjenbun) bekerjasama dengan Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK) kembali mengadakan pelatihan yang ditujukan untuk petani teh rakyat. Pelatihan kali ini mengambil tema Capacity Building Pasca Panen Teh yang dilaksanakan selama dua hari (18/03/2019 – 29/03/2019) di Pusat Penelitian Teh dan Kina. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas petani teh rakyat dalam menghasilkan produk teh.


  • Teknologi Fertigasi dan Bio-organo Mineral di Seminar Nasional PT. RPN 2019

    Tanggal : 09 Apr 2019 08:38:00 Wib

    PT. Riset Perkebunan Nusantara (PT.RPN) kembali menggelar Seminar Nasional tahun 2019 yang bertajuk “Pupuk dan Mekanisasi di Perkebunan”. Seminar Nasional dilaksanakan selama dua hari (04/04/2019 – 05/04/2019) di The Hotel Sultan and Residence, Jakarta. PT. RPN mengundang praktisi, akademisi, dan peneliti dari berbagai institusi.


  • Pelantikan Direktur lingkup PT. RPN

    Tanggal : 26 Mar 2019 10:41:00 Wib

    Pada Jumat, 22 Maret 2019, pukul 09.00 wib bertempat di Aula Soenarjo, Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia, telah dilaksanakan pelantikan direktur lingkup PT. Riset Perkebunan Nusantara (RPN).


  • Gamboeng White Pearl Tea, 100 Hari menuju Jerman

    Tanggal : 15 Mar 2019 11:38:42 Wib

    Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK) sebagai salah satu lembaga Pusat Unggulan IPTEK (PUI) menjadi salah satu delegasi Indonesia pada kegiatan Indonesia Innovation Day 2019 (IID 2019) yang akan diselenggarakan di Saarland, Jerman pada tanggal 26 Juni 2019.


  • Meningkatkan Peran Pengurus Serikat Pekerja sebagai Agent of Change Melalui Pelatihan Kompetensi

    Tanggal : 08 Mar 2019 11:40:00 Wib

    Holding PT. Perkebunan Nusantara III (persero) bekerjasama dengan Lembaga Pendidikan Perkebunan (LPP) menyelenggarakan “Pelatihan Peningkatan Kompetensi Pengurus Serikat Pekerja PTPN Group” di LPP Kampus Yogyakarta. Serikat Pekerja Perkebunan Pusat Penelitian Teh dan Kina (SP Bun PPTK) mengirimkan Ketua II, Heri Syahrian, SP., MP., untuk berpastisipasi sebagai peserta Batch XI.


Tinggalkan Komentar :


Ketik ulang karakter dari gambar:
Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 

No Comments Results.