PPTK dan Disbun Provinsi Jabar Menggelar Bimbingan Teknis Di Empat Kabupaten

Penulis : Administrator


Tanggal Posting : 25 Feb 2019 11:45 Wib | Dibaca : 105 | Kategori : Berita


Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK) dan Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Jawa Barat mengadakan bimbingan teknis untuk kelompok tani teh di empat kabupaten. Termin pertama  bimbingan teknis (19/02/19) dilaksanakan di Desa Sindang Sari, Kecamatan Sukanegara, Cianjur dan Desa Cijulang, Kecamatan Jampang Tengah, Sukabumi. Sementara itu, Termin kedua bimbingan teknis (21/02/19) dilaksanakan di Desa Tlagasari, Kecamatan Serang Panjang, Kabupaten Subang dan Desa Margamulya, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung.

Kegiatan bimbingan teknis di keempat Kabupaten Cianjur dihadiri oleh kelompok tani, staf Disbun masing-masing Kabupaten, Staf Disbun Prov. Jabar dan Peneliti Pusat Penelitian Teh dan Kina  selaku narasumber. Materi yang disampaikan berupa teknik perbaikan pada zona akar, batang dan daun. Kegiatan bimbingan teknis juga diikuti dengan praktek pengujian kadar pati, pemangkasan bersih, gosok lumut, penggarpuan dan membuatan rorak. Pemaparan materi di Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Sukabumi disampaikan oleh Vitria Puspitasari Rahadi, M.Sc dan Fani Fauziah, SP.

Pemaparan materi recovery termin dua di Kabupaten Subang disampaikan oleh peneliti Tanah dan Nutrisi Tanaman PPTK, Restu Wulansari, SP. Di hari yang sama, materi yang serupa juga disampaikan oleh Peneliti Agronomi, Muthia Syafika Haq, SP., di Kabupaten Bandung. Petani terlihat antusias selama bimbingan teknis berlangsung. Diharapkan melalui bimbingan teknis ini, petani dapat menjalankan program recovery dengan baik. Melalu program recovery ini, diharapkan dapat memperbaiki kebun petani teh rakyat sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan pendapatan petani.


Post Terkait

Tinggalkan Komentar :


Ketik ulang karakter dari gambar:
Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 

No Comments Results.