Kunjungan Mahasiswa Summer Course IPB dan Kagoshima University ke PPTK

Penulis : Administrator


Tanggal Posting : 19 Feb 2019 10:46 Wib | Dibaca : 256 | Kategori : Berita


Pada hari Sabtu (16/02/19), Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK) menerima kunjungan dosen dan mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Kagoshima University, Jepang. Kunjungan tersebut dalam rangka kegiatan pertukaran pelajar yang diselenggarakan oleh IPB setiap tahunnya. Pada tahun ini pelaksanaan kegiatan Summer Course on Sustainable Tropical Agriculture mengambil tema komoditas teh, kina dan kopi.

Dr. Ir. Ahmad Junaedi, M.Si selaku Wakil Dekan Bidang Sumberdaya, Kerjasama dan Pengembangan IPB menyampaikan bahwa melalui program kunjungan ini, diharapkan mahasiswa memperoleh pengetahuan dasar mengenai budidaya teh dan kina. Sebanyak enam (6) orang mahasiswa pertukaran pelajar yang berasal dari Jepang dan Thailand dan empat (4) orang dosen pendamping dari IPB dan Jepang mengunjungi pabrik pengolahan teh hijau Gambung dan mendapat pemaparan materi mengenai dasar budidaya teh dan kina Materi tersebut yang disampaikan oleh Heri Syahrian, MP., dan Erdiansyah Rezamela, SP.

Pada akhir acara Profesor Kagoshima University, Prof. Jun-Ichi Sakagami, menyatakan bahwa dengan kunjungan ini dapat membuka peluang-peluang penelitian untuk komoditas teh antara IPB, Kagoshima University, dan PPTK khususnya mengenai perubahan iklim global di perkebunan teh di Indonesia dan luar negeri yang umumnya mengalami permasalahan yang sama. Diharapkan kerjasama tersebut dapat terwujud untuk menjawab tantangan dari permasalahan perubahan iklim global yang dihadapi hampir seluruh perkebunan teh di Indonesia.


Post Terkait

  • Kunjungan Kemenko Perekonomian ke Pusat Penelitian Teh dan Kina

    Tanggal : 17 May 2019 15:15:30 Wib

    Pada hari Kamis, 16 Mei 2019, Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK) menerima kunjungan dari Keasdepan Kerja Sama Ekonomi Asia, Kemenko Perekonomian, Bobby C. Siagian beserta rombongan. Kunjungan tersebut juga di dampingi oleh sekretaris Asosiasi teh Indonesia (ATI), Dr. Atik Dharmadi. Kunjungan ini diterima langsung oleh Ir. Nyanjang Rusmana selaku Kabid Usaha PPTK.


  • Duka Dunia Pertehan Indonesia

    Tanggal : 15 May 2019 13:46:00 Wib

    Salah satu peneliti Pemuliaan Tanaman sekaligus Direktur Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK) periode 2003 - 2004, Dr. Ir. I.G.P. Wenten Astika pada hari Selasa sore (05/14/2019) tepatnya pukul 16.53 WIB di Rumah Sakit Al-Islam Bandung. Dr. Wenten wafat di usia 71 tahun akibat serangan jantung.


  • Pendampingan Kopkar Gunung Tilu PPTK oleh PUM (Netherland Senior Experts)

    Tanggal : 09 May 2019 09:40:15 Wib

    Koperasi Karyawan (Kopkar) Gunung Tilu Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK) mendapatkan kehormatan menjadi satu dari dua koperasi sasaran program pendampingan PUM (Netherlands Senior Experts) untuk wilayah Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat. Pendampingan dilaksanakan selama 11 hari sejak tanggal 23 April hingga 3 Mei 2019.


  • Benchmarking Koperasi Produsen dan Karyawan (Kopkar) Gunung Tilu PPTK ke Koperasi Al Ittifaq, Ciwidey

    Tanggal : 08 May 2019 10:28:50 Wib

    Pada Rabu, 1 Mei 2019 bertepatan dengan hari Buruh (May Day), Koperasi Produsen dan Karyawan Gunung Tilu Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK) bersama dengan Constant Mulder, konsultan PUM (Netherlands Senior Experts) untuk program SMEs (Small and Medium-sized Enterprises) di Indonesia berkesempatan melakukan benchmarking ke Koperasi Al-Ittifaq. Koperasi Al-Ittifaq berlokasi di Dusun Ciburial, Desa Alam Endah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung


  • Rapat Kerja Pusat Penelitian Teh dan Kina Tahun 2019

    Tanggal : 06 May 2019 11:08:08 Wib

    Pada tanggal 2 Mei 2019, Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK) menggelar acara Rapat Kerja (Raker) di kantor PPTK Gambung, Desa Mekarsari. Raker tahun 2019 dilaksanakan secara sederhana dan diisi dengan motivasi dari motivator ternama, Iyus Rusmana.


Tinggalkan Komentar :


Ketik ulang karakter dari gambar:
Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 

No Comments Results.