Kunjungan Kemenko Perekonomian ke Pusat Penelitian Teh dan Kina

Penulis : Administrator


Tanggal Posting : 17 May 2019 15:15 Wib | Dibaca : 581 | Kategori : Berita


Pada hari Kamis, 16 Mei 2019, Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK) menerima kunjungan dari Keasdepan Kerja Sama Ekonomi Asia, Kemenko Perekonomian, Bobby C. Siagian beserta  rombongan. Kunjungan tersebut juga di dampingi oleh sekretaris Asosiasi teh Indonesia (ATI), Dr. Atik Dharmadi. Kunjungan ini diterima langsung oleh Ir. Nyanjang Rusmana selaku Kabid Usaha PPTK.

Maksud kunjungan adalah melakukan diskusi mengenai peluang pengembangan ekspor teh ke wilayah Asia Selatan (India, Pakistan, Bangladesh, dan Sri Lanka). Upaya tersebut ditempuh sebagai salah satu strategi meningkatkan tren neraca perdagangan internasional atas produk teh yang defisit selama lima tahun terakhir. Beberapa kendala yang seringkali di hadapi oleh pengusaha teh adalah kualitas produk yang rendah dan semakin menurun. Selain itu, beban PPN yang berlapis untuk produk teh, lambatnya penetrasi pasar ke pasar ekspor, produk teh ekspor yang masih didominasi dalam bentuk bulk, dan lemahnya pengawasan atas standar kualitas produk teh ekspor menjadi faktor penghambat lainnya.

Untuk mengtasi masalah tersebut diperlukan peninjauan ulang terkait penerapan PPN produk teh, transfer knowledge teknologi dan pasar antara Indonesia dengan empat negara pengimpor teh terbesar di Asia Selatan. Sosialisasi standar mutu yang baik sesuai permintaan tujuan pasar ekspor, diversifikasi produk dan kemasan produk teh untuk tujuan ekspor juga perlu dilakukan kepada para pengusaha teh. Di sisi lain pembentukan badan pengawas produk teh ekspor dirasa perlu dilakukan dengan segera Pertemuan diakhiri dengan melakukan kunjungan ke Pabrik Teh Hijau Pusat Penelitian Teh dan Kina untuk melihat proses produksi produk teh hijau.


Post Terkait

  • Kunjungan Program Summer Course Institut Pertanian Bogor

    Tanggal : 02 Sep 2019 15:00:00 Wib

    Pada hari Rabu, 28 Agustus 2019, untuk kali kedua Institut Pertanian Bogor (IPB) melakukan kunjungan ke Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK). Program summer course ini merupakan program rutin yang dilaksanakan setiap tahun oleh IPB.


  • Membina Pengusaha Perkebunan Teh Melalui Program Sosialisasi

    Tanggal : 30 Aug 2019 11:00:00 Wib

    Dinas Perkebunan Jawa Barat menyelenggarakan Sosialisasi Hasil Penilaian Usaha Perkebunan Tahun 2019 untuk para pengusaha perkebunan teh. Sosialisasi dilaksanakan selama dua hari sejak tanggal 29 Agustus hingga 30 Agustus 2019 di Hotel Grand Tebu, Bandung.


  • Terus Menjadi Lebih Baik, Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke – 24

    Tanggal : 30 Aug 2019 10:00:00 Wib

    Pada tahun 2019 ini, Bali menjadi tuan rumah peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Hakteknas) ke -24. Hakteknas ke – 24 dilaksanakan selama empat hari sejak tanggal 25 Agustus 2019 hingga 28 Agustus 2019 di Lapangan Puputan Margarana Renon, Bali.


  • Kemeriahaan Peringatan HUT RI ke -74 di PPTK Gambung

    Tanggal : 19 Aug 2019 12:00:00 Wib

    Pada tahun 2019 ini, Republik Indonesia merayakan hari kemerdekaan yang ke-74. Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK) turut memeriahkan hari kemerdekaan tersebut melalui lomba antar karyawan dan upacara bendera pada tanggal 17 Agustus 2019


  • Kunjungan Industri Program Studi Ilmu Tanah UPN Veteran Yogyakarta

    Tanggal : 07 Aug 2019 11:00:00 Wib

    Pada tanggal 6 Agustus 2019, Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK) Gambung menerima kunjungan dari Dosen Fakultas Pertanian Program Studi Ilmu Tanah Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta sebanyak 13 orang. Rombongan disambut langsung oleh Direktur PPTK, Dr. Dadan Rohdiana dan para peneliti terkait. Dalam sambutannya, Kepala Program Studi Ilmu Tanah , Dr. Susilo Herlambang dan Dr. Partoyo selaku Dekan Fakultas Pertanian, menyampaikan bahwa PPTK sejak lama telah menjadi rujukan bagi universitas dalam melakukan riset.


Tinggalkan Komentar :


Ketik ulang karakter dari gambar:
Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 

No Comments Results.