Kunjungan Kemenko Perekonomian ke Pusat Penelitian Teh dan Kina

Penulis : Administrator


Tanggal Posting : 17 May 2019 15:15 Wib | Dibaca : 286 | Kategori : Berita


Pada hari Kamis, 16 Mei 2019, Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK) menerima kunjungan dari Keasdepan Kerja Sama Ekonomi Asia, Kemenko Perekonomian, Bobby C. Siagian beserta  rombongan. Kunjungan tersebut juga di dampingi oleh sekretaris Asosiasi teh Indonesia (ATI), Dr. Atik Dharmadi. Kunjungan ini diterima langsung oleh Ir. Nyanjang Rusmana selaku Kabid Usaha PPTK.

Maksud kunjungan adalah melakukan diskusi mengenai peluang pengembangan ekspor teh ke wilayah Asia Selatan (India, Pakistan, Bangladesh, dan Sri Lanka). Upaya tersebut ditempuh sebagai salah satu strategi meningkatkan tren neraca perdagangan internasional atas produk teh yang defisit selama lima tahun terakhir. Beberapa kendala yang seringkali di hadapi oleh pengusaha teh adalah kualitas produk yang rendah dan semakin menurun. Selain itu, beban PPN yang berlapis untuk produk teh, lambatnya penetrasi pasar ke pasar ekspor, produk teh ekspor yang masih didominasi dalam bentuk bulk, dan lemahnya pengawasan atas standar kualitas produk teh ekspor menjadi faktor penghambat lainnya.

Untuk mengtasi masalah tersebut diperlukan peninjauan ulang terkait penerapan PPN produk teh, transfer knowledge teknologi dan pasar antara Indonesia dengan empat negara pengimpor teh terbesar di Asia Selatan. Sosialisasi standar mutu yang baik sesuai permintaan tujuan pasar ekspor, diversifikasi produk dan kemasan produk teh untuk tujuan ekspor juga perlu dilakukan kepada para pengusaha teh. Di sisi lain pembentukan badan pengawas produk teh ekspor dirasa perlu dilakukan dengan segera Pertemuan diakhiri dengan melakukan kunjungan ke Pabrik Teh Hijau Pusat Penelitian Teh dan Kina untuk melihat proses produksi produk teh hijau.


Post Terkait

  • Penyerahan Santunan kepada Purnakaryawan Pusat Penelitian Teh dan Kina

    Tanggal : 31 May 2019 08:41:00 Wib

    Pada hari ini (280519), Keluarga Islam (KI) bersama-sama dengan Persatuan Istri Karyawan dan Karyawati (PERISKKA) melaksanakan kegiatan rutin tahunanpemberian santuan kepada purnakaryawan Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK).


  • PPTK Berpartisipasi dalam Kegiatan The 2nd Global Forum for Directors of Tea Research Institutes

    Tanggal : 20 May 2019 08:39:00 Wib

    Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK) berpartisipasi dalam The 2nd Global Forum for Directors of Tea Research Institutes di Hangzhou, China yang diwakili oleh Direktur PPTK, Dr. Dadan Rohdiana.


  • Duka Dunia Pertehan Indonesia

    Tanggal : 15 May 2019 13:46:00 Wib

    Salah satu peneliti Pemuliaan Tanaman sekaligus Direktur Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK) periode 2003 - 2004, Dr. Ir. I.G.P. Wenten Astika pada hari Selasa sore (05/14/2019) tepatnya pukul 16.53 WIB di Rumah Sakit Al-Islam Bandung. Dr. Wenten wafat di usia 71 tahun akibat serangan jantung.


  • Pendampingan Kopkar Gunung Tilu PPTK oleh PUM (Netherland Senior Experts)

    Tanggal : 09 May 2019 09:40:15 Wib

    Koperasi Karyawan (Kopkar) Gunung Tilu Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK) mendapatkan kehormatan menjadi satu dari dua koperasi sasaran program pendampingan PUM (Netherlands Senior Experts) untuk wilayah Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat. Pendampingan dilaksanakan selama 11 hari sejak tanggal 23 April hingga 3 Mei 2019.


  • Benchmarking Koperasi Produsen dan Karyawan (Kopkar) Gunung Tilu PPTK ke Koperasi Al Ittifaq, Ciwidey

    Tanggal : 08 May 2019 10:28:50 Wib

    Pada Rabu, 1 Mei 2019 bertepatan dengan hari Buruh (May Day), Koperasi Produsen dan Karyawan Gunung Tilu Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK) bersama dengan Constant Mulder, konsultan PUM (Netherlands Senior Experts) untuk program SMEs (Small and Medium-sized Enterprises) di Indonesia berkesempatan melakukan benchmarking ke Koperasi Al-Ittifaq. Koperasi Al-Ittifaq berlokasi di Dusun Ciburial, Desa Alam Endah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung


Tinggalkan Komentar :


Ketik ulang karakter dari gambar:
Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 

No Comments Results.