Workshop Statistik Hasil Pengolahan Perusahaan Perkebunan

Penulis : Administrator


Tanggal Posting : 02 Aug 2019 11:00 Wib | Dibaca : 227 | Kategori : Berita


Pada Selasa, 30 Juli 2019, Pusat Penelitian Teh dan Kina melalui perwakilannya berkesempatan mengikuti workshop Statistik Hasil Pengolahan Perusahaan Perkebunan yang diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Barat. Workshop dilaksanakan di Hotel Aston Pasteur. Workshop ini dibuka langsung oleh Kepala BPS Provinsi Jawa Barat, Ir. Dody Herlando, M.Econ dengan mengusung tema “Sinergi Antar Stakeholder adalah Energi Menuju Satu Data Perkebunan Indonesia”.

Kegiatan ini merupakan program aksi dari diterbitkannya Perpres No. 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia pada 12 Juni 2019 lalu. Narasumber berkompeten yang dihadirkan berasal dari berbagai lintas stakeholder perkebunan, seperti Kepala Dinas Perkebunan Prov. Jawa Barat, Ir. Dody Firman Nugraha; Perusahaan Perkebunan PTPN VIII, Ir. Dede Kusdiman, dan Gabungan Asosiasi Perusahaan Perkebunan, RHS Slamet Bangsadikusumah. Peserta workshop sebanyak 120 orang yang berasal dari berbagai instansi, seperti BPS Kab/Kota, Dinas Kab/Kota, dan Instansi dan Perusahaaan Perkebunan di Wilayah Prov. Jawa Barat.

Melalui workshop ini diharapkan dihasilkan persamaan persepsi dalam sinergi satu data perkebunan Indonesia khususnya di Wilayah Provinsi Jawa Barat melalui prinsip satu standar data, metadata yang jelas, dan satu interoperabilitas data perkebunan. Untuk melakukan pengembangan statistik tanaman perkebunan melalui satu data perkebunan Indonesia, maka perlu dilakukan melalui penyempurnaan aplikasi pengolahan data survei perusahaan perkebunan berbasis web. Selain itu, pengembangan metodologi survey berbasis RT melalui survey komoditas strategis, pembinaan perusahaan perkebunan melalui workshop perusahaan, dan melakukan sinkronisasi angka tetap perkebunan. Meskipun sumbangan sektor pertanian terhadap PDB nasional berada diurutan ketiga setelah industri pengolahan dan perdagangan besar dan eceran, namun sub-sektor perkebunan memberikan sumbangan terbesar pada PDB sektor pertanian secara nasional yaitu sebesar 35%. Sementara itu, komoditas teh berada pada posisi ke 6 dari 7 komoditas dengan share 80% terhadap PDB sub sektor perkebunan. Yang tak kalah penting adalah kontribusi peran sub sektor perkebunan dalam aspek lingkungan, sosial, budaya, dan sejarah bangsa yang saat ini sedang mengalami ancaman dalam kepastian hukum dalam keberlanjutan pengelolaan usaha perkebunan. Oleh karena itu, melalui workshop ini diharapkan program satu data perkebunan Indonesia dapat segera terwujud.

Kontributor: K. Sita


Post Terkait

  • Potensi Kerjasama BPPT dan PPTK Dalam Mengembangkan Teh

    Tanggal : 30 Sep 2019 00:00:00 Wib

    Kamis, 26 September 2019, Pusat Teknologi Agroindustri Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melakukan kunjungan ke Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK) dalam rangka diskusi mengenai pengembangan teh untuk pangan fungsional. Pengembangan ini dirasa perlu dilakukan untuk mencegah obesitas dengan memanfaatkan kandungan senyawa aktif yang terdapat pada teh.


  • Plantdroid Toreh Prestasi se-Asia Pasifik

    Tanggal : 11 Sep 2019 00:00:00 Wib

    Kabar gembira datang dari hasil kerjasama antara Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK) dengan Telkom University (Tel-U). Project Plantdroid (Estimating Tea Plant Population Using Color Image Thresholding Algorithms Based on Android Platform) mendapat Juara kedua kategori Innovation Challenge terbaik se-Asia Pasifik dalam YESIST12 (Youth Endeavours for Social Innovation using Sustainable Technology) yang berlangsung pada tanggal 7-8 September 2019 di Stamford International University, Hua-Hin, Thailand.


  • Penyamaan Persepsi Kegiatan Riset Insinas Teh Melalui Focus Group Discussion

    Tanggal : 10 Sep 2019 00:00:00 Wib

    Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK) kembali melaksanakan Forum Group Discussion (FGD) untuk yang ketiga kalinya bersama Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia (LIPI). Kegiatan FGD ini dilaksanakan dalam rangka penyamaan persepsi hasil riset 2019 berdasarkan roadmap yang telah disusun.


  • Kunjungan Program Summer Course Institut Pertanian Bogor

    Tanggal : 02 Sep 2019 15:00:00 Wib

    Pada hari Rabu, 28 Agustus 2019, untuk kali kedua Institut Pertanian Bogor (IPB) melakukan kunjungan ke Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK). Program summer course ini merupakan program rutin yang dilaksanakan setiap tahun oleh IPB.


  • Membina Pengusaha Perkebunan Teh Melalui Program Sosialisasi

    Tanggal : 30 Aug 2019 11:00:00 Wib

    Dinas Perkebunan Jawa Barat menyelenggarakan Sosialisasi Hasil Penilaian Usaha Perkebunan Tahun 2019 untuk para pengusaha perkebunan teh. Sosialisasi dilaksanakan selama dua hari sejak tanggal 29 Agustus hingga 30 Agustus 2019 di Hotel Grand Tebu, Bandung.


Tinggalkan Komentar :


Ketik ulang karakter dari gambar:
Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 

No Comments Results.