Pemetikan Teh dengan Mesin Petik

Penulis : Administrator


Tanggal Posting : 15 Jul 2019 10:30 Wib | Dibaca : 505 | Kategori : Artikel


Gambar 1. Pemetikan Teh menggunakan Mesin

Sumber : Dokumentasi pribadi penulis

 

Tenaga pemetik merupakan salah satu aspek yang paling penting dalam upaya menghasilkan produk teh yang berkualitas dengan kuantitas yang maksimal. Ketersediaan tenaga pemetik yang sesuai dengan rasio tenaga pemetik akan membantu dalam proses pencapaian target produksi yang telah ditetapkan.Menurut Deptan pada tahun 2007, peningkatan kualitas teh masih menghadapi beberapa tantangan dan kendala yang diantaranya adalah produktivitas tanaman yang belum optimal, meningkatnya biaya produksi sedangkan harga jual relatif rendah serta tingkat konsumsi teh di Indonesia yang masih rendah.

Pada era sekarang, langkanya tenaga pemetik menjadi salah satu faktor penghambat produksi teh. Terobosan baru pada aspek pemetikan perlu dikembangkan guna menekan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan namun tetap dengan produktivitas yang tinggi. Hal ini terjawab dengan digunakannya mesin petik teh di perkebunan Gambung.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Astika dkk pada tahun 2003, pemetikan menggunakan mesin petik dapat menggali potensi hasil pada perkebunan teh dibandingkan dengan petik manual. Hal ini berdasarkan pada bahwa penggunaan mesin petik dapat menghasilkan kilogram pucuk lebih banyak jika dibandingkan  pemetikan manual menggunakan tangan.

Menurut penelitian Kusumawati pada tahun 2017, pemetikan manual menghasilkan PMS yang rendah karena kurangnya keterampilan pemetik dalam memetik pucuk teh. Hal ini dapat diakibatkan karena para pemetik hanya fokus pada kuantitas pucuk yang dihasilkan karena upah yang bergantung pada jumlah kilogram pucuk yang dipetik. Pada pemetikan mesin, kualitas pucuk yang dihasilkan cukup tinggi. Hal ini dapat terjadi karena pemetikan mesin menggunakan sistem petik rata sehingga kualitas dan mutu pucuk tergantung pada pengaturan gilir petik yang tepat dan keterampilan operator.

Gambar 2. Mesin Petik merk Sanyang

Sumber : Dokumentasi pribadi penulis

Kelihaian dan keterampilan operator mesin menjadi salah satu hal yang penting diperhatikan dalam pemetikan karena operator mesin dituntut untuk konsisten dalam menjaga ketinggian mesin petik di atas bidang petik selama pemetikan dilakukan. Di PPTK Gambung, operator mesin sudah terbilang lihai dan terampill. Hal ini terbukti saat dilakukannya pengamatan pemetikan di Gambung, hasilnya produktivitas pucuk tinggi, meningkatnya kapasitas pemetik, dan nilai pucuk memenuhi syarat (PMS) yang tinggi. Berdasarkan hal tersebut, maka seluruh perkebunan teh tidak perlu lagi ragu dalam menggunakan mesin petik sebagai solusi dari langkanya tenaga pemetik.

Disusun oleh :

Dian Yulianti (Mahasiswa Agroteknologi Fakultas Pertanian, Universitas Padjadjaran)

Muthia Syafika Haq, S.P (Peneliti Agronomi, Pusat Penelitian Teh dan Kina)

Daftar Pustaka

Astika, W., M. E. Johan, dan T. Abbas. 2003. Pengaruh pemetikan secara mekanis dan pupuk terhadap potensi hasil dan pertumbuhan tanaman teh setelah dipangkas. Prosiding Simposium Teh Nasional, Bandung, 16 Okt 2003: 141-143.

Kusumawati, A., W, A.T., 2017. Perbandingan penggunaan mesin petik dan petik tangan terhadap hasil produksi pucuk teh (Camellia Sinensis (L.) O. Kuntze) di perkebunan kayu aro PTPN VI Kabupaten Kerinci VIII. Jurnal Agroteknose. Volume VIII No. II. Halaman 39.

Mutiara, D. 2010. Pengelolaan pemetikan tanaman teh (camellia sinensis (l) o.kunt.) di unit perkebunan tambi kusumawati dan triaji. PT. Tambi, Wonosobo, Jawa Tengah. Institut Pertanian Bogor. Bogor.


Post Terkait

  • Manfaat Teh Hijau Bagi Penderita Diabetes

    Tanggal : 16 Dec 2019 08:00:00 Wib

    Diabetes Melitus (DM) merupakan suatu kelainan metabolik yang bersifat kronik dimana terjadi peningkatan kadar glukosa dalam darah sebagai akibat kurangnya jumlah insulin, kerja insulin maupun keduanya. Menurut Diabetes Atlas 2000 (International Diabetes Federation) 4,6% atau 5,6 juta jiwa penduduk Indonesia menderita DM dan diperkirakan pada tahun 2020 nanti akan ada 8,2 juta penderita DM (Pranoto, 2003).


  • Kesalahan Meminum Teh Hijau

    Tanggal : 02 Dec 2019 08:00:00 Wib

    Teh adalah bahan minuman yang sangat bermanfaat, terbuat dari pucuk tanaman teh (Camellia sinensis) melalui proses pengolahan tertentu dan sebagai bahan minuman alami yang sangat populer diberbagai kalangan sejak 28 abad sebelum Masehi menurut (Suharno, 2000). Teh hijau merupakan teh yang diperoleh tanpa proses fermentasi (oksidasi enzimatis) yaitu dibuat dengan cara menginaktifkan enzim fenolase yang ada dalam pucuk daun teh segar menurut (Lelita, 2019).


  • Perubahan Total Polifenol Teh Hitam pada Produk dan Tahap Pelayuan

    Tanggal : 18 Nov 2019 08:00:00 Wib

    Teh hitam merupakan jenis teh yang paling banyak di produksi dan dikonsumsi di dunia. Pengolahan teh hitam dilakukan melalui proses fermentasi secara penuh, dimana proses fermentasi tanpa menggunakan mikrob sebagai sumber enzim melainkan menggunakan enzim polyphenol oksidase yang terdapat di dalam teh itu sendiri. Kandungan kimia di dalam teh yang paling besar peranannya dalam membentuk cita rasa dan khasiat istimewa adalah polifenol (Rohdiana, 2009).


  • Sedikit Demi Sedikit Menjadi Bukit

    Tanggal : 04 Nov 2019 08:00:00 Wib

    Tanaman teh merupakan jenis tanaman yang dipanen bagian vegetatifnya. Oleh karena itu, sangat penting menjaga kondisi tanaman agar produksi pucuknya berkelanjutan. Kegiatan pemetikan pucuk teh tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Pemetikan harus sesuai berdasarkan syarat dan ketentuan yang berlaku. Tidak hanya menjaga kuantitas namun juga menjaga kualitas hasil petikan agar menghasilkan produk teh yang berkualitas tinggi.


  • Keutuhan Kualitas Teh Terbaik

    Tanggal : 21 Oct 2019 08:00:00 Wib

    Teh merupakan tanaman perkebunan yang diambil pucuknya dan diolah menjadi minuman penyegar. Teh mengandung banyak zat yang bermanfaat bagi tubuh manusia, seperti katekin, kafein, polifenol, dan mineral lainnya. Agar manfaat zat tersebut dapat dirasakan oleh tubuh kita, maka pucuk harus ditangani dengan prosedur yang baik dan benar.


Tinggalkan Komentar :


Ketik ulang karakter dari gambar:
Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 

No Comments Results.