Plantdroid Toreh Prestasi se-Asia Pasifik

Penulis : Administrator


Tanggal Posting : 11 Sep 2019 00:00 Wib | Dibaca : 736 | Kategori : Berita


Kabar gembira datang dari hasil kerjasama antara Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK) dengan Telkom University (Tel-U). Project Plantdroid (Estimating Tea Plant Population Using Color Image Thresholding Algorithms Based on Android Platform) mendapat Juara kedua kategori Innovation Challenge terbaik se-Asia Pasifik dalam YESIST12 (Youth Endeavours for Social  Innovation using Sustainable Technology) yang berlangsung pada tanggal 7-8 September 2019 di Stamford International University, Hua-Hin, Thailand. Kompetisi tersebut diikuti oleh 21 Negara se-Asia Pasifik dan kontingen Indonesia diwakili oleh Tim Telkom University (Shinta Aghnia Adeline, Firman Ade Prasetyo, dan Harits Hammam Al Asyhar) dengan bimbingan dosen Tel-U Suryo Adhi Wibowo, Ph.D dan tentu saja staf peneliti PPTK di lapangan.

Doc : Tel-U, 2019

Plantdroid sendiri merupakan pengembangan teknologi berbasis Android untuk menuju ke arah Smart and Precision Farming. Plantdroid dirancang untuk melakukan estimasi perhitungan jumlah populasi di dalam suatu areal tanaman teh. Hal ini dimaksudkan agar pekebun lebih akurat dalam menentukan jumlah populasi per hektar sehingga lebih akurat dalam menentukan estimasi potensi produksi. Selain itu, data populasi juga diperlukan untuk pengambilan keputusan pemadatan tanaman (compacting) atau replanting. Proyek ini merupakan hasil kerjasama antara PPTK dengan Tel-U yang sudah dimulai sejak 2018 yang lalu. Diharapkan capaian prestasi ini dapat menjadi pijakan untuk dapat menyempurnakan pengembangan teknologi ini dan dapat bermanfaat bagi seluruh pelaku usaha perkebunan teh di Indonesia.

Doc : Tel-U, 2019

 

Kontributor : Erdiansyah Rezamela


Post Terkait

  • Pembahasan Kebijakan Pengembangan Teh Indonesia Bersama Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian

    Tanggal : 09 Mar 2020 08:30:00 Wib

    Pada Jumat, 6 Maret 2020 telah dilakukan pembahasan Kebijakan mengenai pengembangan Teh Nasional bersama Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko) yang berlokasi di Pusat Penelitian Teh dan Kina. Pembahasan ini dilatar belakangi oleh fakta yang menunjukkan bahwa produksi teh Indonesia dalam beberapa tahun mengalami penurunan dengan permasalahan yang terjadi baik di on farm, off farm, lingkungan usaha dan pemasaran.


  • Rapat Koordinasi PT. Riset Perkebunan Nusantara 2020

    Tanggal : 29 Feb 2020 08:02:00 Wib

    Dalam mengawali program kerja pada tahun 2020 seluruh Pusat penelitian (Puslit) lingkup PT. Riset Perkebunan Nusantara (PT.RPN) telah melakukan Rapat Koordinasi untuk dapat mengoptimalkan dan menerapkan konsep korporasi sesuai dengan budaya di lingkup Holding perkebunan Nusantara. Dengan menerapkan konsep korporasi secara tepat, seluruh puslit lingkup PT. RPN yang terdiri dari Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS), Pusat Penelitian Karet (PPK), Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK), Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia (PPKKI), Pusat Penelitian Perkebunan Gula Indonesia (P3GI) dan Pusat Penelitian Bioteknologi dan Bioindustri Indonesia (PPBBI) diharapkan dapat memberikan


  • Rapat Kerja Pusat Penelitian Teh dan Kina Tahun 2020

    Tanggal : 22 Jan 2020 07:02:33 Wib

    Rapat Kerja (Raker) Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK) 2020 telah dilaksanakan pada hari Jumat, 10 Januari 2020 yang bertepatan dengan Ulang Tahun PPTK yang ke - 47 dengan tema Sabilulungan untuk Perubahan. Dalam acara tersebut dilakukan pemaparan materi dari Bidang Penelitian, Bidang Usaha, Bidang Biro Umum dan SDM yang disampaikan oleh masing-masing Kepala Bagian serta pemaparan materi SPI oleh Ketua SPI. Selanjutnya dilakukan perumusan rapat kerja dan penandatangan KPI PPTK oleh Direktur PPTK, Kepala Bagian, Manajer, Kasubag dan Ketua SPI.


  • Ibu Shinta dan Sejumlah Istri Eks Pejabat Kabinet Era Gus Dur Berkunjung ke PPTK Gambung

    Tanggal : 18 Nov 2019 00:00:00 Wib

    Bersama para istri mantan menteri dan pejabat eksekutif Kabinet Persatuan Nasional (1999-2001), Ibu Shinta Nuriyah berkunjung ke Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK) Gambung, pada Selasa (16/11/2019). Kedatangan rombongan yang dikawal oleh anggota TNI itu, disambut oleh Dr. Dadan Rohdiana selaku Direktur PPTK Gambung.


  • Potensi Kerjasama BPPT dan PPTK Dalam Mengembangkan Teh

    Tanggal : 30 Sep 2019 00:00:00 Wib

    Kamis, 26 September 2019, Pusat Teknologi Agroindustri Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melakukan kunjungan ke Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK) dalam rangka diskusi mengenai pengembangan teh untuk pangan fungsional. Pengembangan ini dirasa perlu dilakukan untuk mencegah obesitas dengan memanfaatkan kandungan senyawa aktif yang terdapat pada teh.


Tinggalkan Komentar :


Ketik ulang karakter dari gambar:
Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 

No Comments Results.